Kamis, 22 April 2010

kerusakan pada baterai laptop


Salah satu masalah yang paling umum dengan baterai laptop atau notebook (laptop battery) adalah overheating. Bukan karena baterai yang dirancang itu jelek atau ada kesalahan dalam produksi melainkan karena sudah aus gara-gara kelamaan dipakai. Sementara itu laptop menggunakan adaptor AC untuk mengisi baterai yang bertindak sebagai  tenaga cadangan jika terjadi listrik mati atau adaptornya tidak sengaja tercabut. Ketika menggunakan adaptor untuk mencharge baterai maka baterai akan lebih panas dibandingkan jika memakai baterai tanpa colokan adaptor. Untuk mengurangi kemungkinan timbulnya panas yang mengarah pada cepat rusaknya baterai maka baiknya pasang adaptor untuk baterai laptop hanya jika Anda perlu untuk mengisi daya baterai saat menggunakan perangkat.


Jika baterai lama-lama mengalami kepanasan yang berlebih, segera keluarkan dan biarkan hingga dingin sampai pada suhu ruangan sebelum memasukkannya lagi ke laptop. Jika baterai panas lagi atau bahkan panasnya semakin parah mungkin baterai tersebut perlu diganti (battery replacement). Selalu mengganti baterai rusak secepat mungkin karena dapat menyebabkan kerusakan pada laptop yang bersangkutan. Overheating dalam men-charge baterai ini adalah isu yang sering terjadi pada laptop, selain itu ada pula masalah lain yaitu pada adaptop laptop itu sendiri.

Pertama, lihatlah untuk mengecek apakah adaptor AC secara benar telah dicolokkan ke perangkat, tingkat ke-pas-an antara jack adaptor terhadap laptop itu sendiri berbeda-beda bagi masing-masing jenis laptop oleh karenanya ini perlu dicek terlebih dahulu. Untuk memeriksa apakah ada aliran listrik yang berjalan dari adaptor ke laptop sebaiknya dicek dulu bagian LED adaptor. Â Jika tidak menyala cobalah goyangkan kabel adaptor untuk melihat apakah ada kedip-kedip pada LED, jika ada maka bisa jadi kabel adaptor Anda rusak. Maka solusi yang tepat adalah ganti dengan adaptor baru. Atau barangkali karena sudah kesal sekalian saja membeli baterai yang baru juga, tetapi untuk memperbaiki adaptor AC tidaklah sulit dikarenakan menggunakan rangkaian elektronik sederhana sehingga Anda bisa coba-coba untuk memperbaikinya. Selamat mencoba dan hati-hati kesetrum.

3 komentar:

salam bung...
gmna ni bung,ada gak solusi untuk kerusakan batre laptop? masalahnya yaitu pada saat charger(cas) kok apinya gak masuk ke batre ya?
trus ada gak cara perbaikan batre jika batre tu udah drop?
trima kasih bung sebelumnya..

slam bung...
mau tanya ni,gmna ya jika batre udah drop n apinya gak masuk lagi pada saat charge?kira2 ada ghak cara memperbaikinya?
trima kasih bung sebelumnya

Pak mau tanya.
batere laptop saya kalo incharge lama kali. kadang saya charge seharian tapi cuma bisa isi 75%. tapi kalo saya charge sambil idupin laptop, agak cepat isinya, cuma mentok di 75%. abis tu tak bisa lagi naik diatas angka 75% meski sudah charga sambil idupin laptopnya. saya sudah setting hemat batre dg mengganti resolusi dan brightness yang rendah agar batre tahan lama. padahal saya baru beli laptop setahun yg lalu. mohon penjelasannya ya pak...
Trim's

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More